11 Juni 2019 15:40:32
Ditulis oleh Administrator

Sarasehan Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa

(Karangagung, 10 Juni 2019) sebulan penuh masyarakat Desa Karangagung dan seluruh umat Islam di dunia telah menjalankan ibadah puasa sebagai sebuah kewajiban ibadah. Muslimin dan Muslimat Desa Karangagung telah mengisi kegiatan bulan puasa (Ramadhan) dengan hal-hal yang positif dalam rangka pendekatan diri kepada Allah SWT seperti puasa di siang hari, kegiatan pengajian agama di masjid-masjid dan musholla, tilawatil Quran di siang dan malam hari.

puasa Ramadhan dimulai pada tanggal 1 Ramdahan yang jatuh pada hari senin tanggal 6 Mei 2019 dan berakhir pada 30 Ramadhan yang jatuh pada hari selasa tanggal 4 Juni 2019 sehingga hari raya idul fitri dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019. Alhamdulillah keamanan dan ketertiban telah terjaga di kawasan Desa Karangagung dengan baik dan kondusif sehingga keadaan tersebut dapat mendukung kekusyukan kegiatan dalam mengisi bulan Ramadhan.

Pemerintah Desa Karangagung telah melaksanakan kegiatan Kegiatan Sarasehan Antara Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam rangka Halal Bihalal tahun 1440 H / 2019 M dan Penyuluhan Kesehatan untuk Masyarakat tahun 2019. para undangan yang dihadirkan oleh Pemerintah Desa adalah seluruh perangkat desa beserta ibu lembaga PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), lembaga BPD (Badan Permusyawaratan Desa), BABINSA Desa Karangagung (Bapak Sugianto), BABINKHAMTIBMAS Desa Karangagung (Bapak Heri), lembaga LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa),  RT/RW seluruh Desa Karangagung, Karang Taruna, pengawas dan pengelola BUMDes Bahari Sejahtera, serta tak lupa mengundang para calon kepala desa karangagung 2019-2025, kegiatan tersebut bertujuan untuk wadah silaturahmi antar seluruh lembaga yang ada di Desa Karangagung agar terjalin harmonisasi dalam rangkanmenjalankan tugas pemerintahan desa dan pelayanan terhadap kesejahteraan masyarakat.

susunan acara yang disusun oleh panitia (Pelaksana Kegiatan Anggaran) adalah :

  1. pembukaan (oleh pembawa acara / moderator Ibu Nurulia)
  2. menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya (oleh petugas Ibu Suprapti)
  3. sambutan-sambutan (ketua LPMD yang diwakili oleh Bapak Ranto selaku wakil ketua LPMD, ketua BPD yang diwakili oleh Bapak Abdul Wahid selaku sekretaris BPD 2013-2019, dan Plh Kepala Desa Karangagung Bapak Faris Budi Hamsah)
  4. penyuluhan kesehatan untuk masyarakat yang disampaikan oleh Petugas Penyuluh Kesehatan dari Puskesmas Palang
  5. do'a / penutup

dalam sambutannya baik dari ketua LPMD, ketua BPD dan Plh Kepala Desa menyampaikan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh tamu undangan dan kepala seluruh masyarakat desa karangagung.

Plh Kepala Desa dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat desa karangagung yang sudah berpartisipasi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban selama bulan puasa, kesadaran ini perlu sekali untuk dipupuk dan ditingkatkan ke depannya. serta mengapresiasi kepala seluruh lembaga yang ada di desa yang telah berperan dengan aktif sesuai dengan tugas serta kewajiban yang diamanahkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. tentunya masih banyak kekurangannya tetapi dengan tekad yang kuat maka semua lembaga di desa akan berperan lagi dengan baik. disampaikan juga kepada oleh Plh kepala desa bahwa tugas kita ke depan adalah mensukseskan agenda besar yaitu Pemilihan Kepala Desa Karangagung 2019, maka Plh kepala desa menghimbau kepala para calon kepala desa karangagung 2019 dan masyarakat karangagung untuk tetap menjaga keamanan selama pelaksanaan PILKADES 2019 agar desa karangagung menjadi barometer desa yang baik untuk kecamatan palang.

dan tanpa disengaja di tengah acara berlangsung Bapak Camat Palang (Ir. Rohmad, MM) tiba di balai desa karangagung tetapi agenda Pak Camat bukan menghadiri acara tersebut tetapi Pak Camat sedang melaksanakan sidak di hari pertama setelah libur lebaran dan cuti bersama. Alhamdulillah Pak Camat akhirnya diberi kesempatan untuk memberi kata sambutan dalam acara tersebut.


dari kiri : Sugianto (Babinsa), Heri (Babinkhamtibmas), Rohmad (Camat Palang), Faris Budi Hamsah (Plh. kepala desa), Abdul Wakit (sekretaris BPD), Ranto (wakil ketua LPMD)

penyuluh kesehatan menyampaikan betapa pentingnya masyarakat memahami penyakit HIV/AIDS yang terjadi di masyarakat. ternyata desa karangagung dan wilayah yang lain juga rentan terhadap penularan penyakit ini. maka dari itu sosialisasi ini perlu digalakkan guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pola penyebaran dan penularannya, sehingga masyarakat bisa mengantisipasi guna pencegahan yang lebih luas.

akhirnya acara Sarasehan Antara Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam rangka Halal Bihalal tahun 1440 H / 2019 M dan Penyuluhan Kesehatan untuk Masyarakat tahun 2019 ditutup dengan do'a dan dilanjutkan acara salam-salaman oleh seluruh tamu undangan. semoga kegiatan ini dapat mencipakan hubungan silaturahmi yang baik di desa karangagung.

-terima kasih-

 

-DOKUMENTASI KEGIATAN-


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus