11 Maret 2019 10:30:34
Ditulis oleh Administrator

Pengisian Anggota BPD Desa Karangagung Periode 2019- 2025

PEMILIHAN ANGGOTA BADAN PERMUSYARATAN DESA (BPD)
DESA KARANGAGUNG PERIODE 2019- 2025

Karangagung - Pemilihan anggota BPD Desa Karangagung dilaksanakan pada Minggu, 10 Maret 2019 jam 20.00 WIB sampai selesai.

Diikuti sebanyak 13 calon, 4 orang  perwakilan dari wilayah Karangagung Barat dengan kuota 2 orang. Mereka adalah Sugeng Wahyudi, Suliyo Hardjo, Rasilan dan Asrofiq. Selanjutnya, 4 orang dari perwakilan wilayah Karangagung Tengah dengan kuota 2 orang. Mereka adalah Suwandi, Suliyo Bari, Sumasto dan Syafi’i Multazam.

Adapun perwakilan dari Wilayah Karangagung Timur ada 3 orang dengan kuota 3 orang. Mereka adalah Supanji, Abdul Wakit dan Yeni Susanto. Sementara wakil perempuan 2 orang, Riyanti dan Suparliah.

Karena jumlah calon sesuai kuota, maka di wilayah Karangagung Timur tidak diadakan pemilihan. Calon dan Ketua RT/RW dari wilayah tersebut hanya duduk-duduk santai menyaksikan pemilihan di wilayah lainnya.

Adapun yang memiliki Hak Pilih adalah semua Ketua RT RW, termasuk RT RW yang menjadi anggota panitia dan Calon, Pengurus TP PKK, Pokja I sampai IV dan perwakilan Muslimat dan Aisyiyah.

Dalam pembukaan acara tersebut, Ketua Panitia, Ranto, menekankan pentingnya fungsi dan peran anggota BDP dalam pengawasan pelaksanaan pembangunan fisik dan penyelenggaraan pemerintahan desa lainnya. Sedangkan dalam arahannya, Kepala Desa, Murto Syahid, mengharap calon yang terpilih bisa menjadi mitra sejati pemerintah desa, dan yang tidak terpilih tidak perlu kecewa. Kepala desa yang akan maju lagi dalam Pilkades mendatang itu juga mengharap agar pemilihan BPD berjalan lancar, aman dan kondusif.

Pada pemilihan wilayah Karangagung Barat,  Sugeng Wahyudi memperoleh 8 suara, Rasilan 7 suara, Suliyo Hardjo 5 suara dan Asrofiq memperoleh 2 suara. Sedangkan pada pemilihan wilayah Karangagung Tengah, Suwandi unggul memperoleh 9 suara, Safii Multazam1 suara, sedang Suliyo Bari dan Sumasto sama-sama memperoleh 6 suara. Keterwakilan perempuan, Riyanti memperoleh 9 suara dan suparliah yang tidak hadir saat pemilihan hanya memperoleh 1 suara.

Sesuai Tata Tertib, calon yang memperoleh suara sama harus divoting ulang. Pada putaran kedua, perolehan suara Suliyo Bari dan Sumasto saling mengejar. Hal ini membuat kedua calon dan pendudukungnya tampak tegang. Akhirnya, voting ulang ini dimenangkan Suliyo Bari dengan memperoleh 13 suara dan sumasto 8 suara.

Calon yang tidak terpilih pada pemilihan wilayah Barat dan Tengah, sejumlah 4 orang, dipilih lagi seluruh Ketua RT/RW sewilayah desa Karangagung, dan calon peringkat satu dinyatakan menjadi anggota BPD terpilih. Inilah pemilihan paling ramai. Suliyo Hardjo yang memperoleh 5 suara pada pemilihan wilayah Barat,  akhirnya mengungguli calon lain dengan perolehan 28 suara, disusul Asrofiq 13 suara, Sumasto 11 suara, Syafii Multazam 6 suara.

Pemilihan anggota BDP kali ini serasa Pilkades. Ada surat suara, bilik dan kotak dan alat kelengkapan lainnya. Masyarakat yang punya Hak Pilih juga sangat bersemangat mengikuti acara sampai larut malam, meskipun cuaca mendung dan hawa dingin menusuk tulang. Bahkan, ada yang sakit tetap datang demi menyemarakkan acara tersebut.

Angota BPD terpilih didominasi wajah lama. Hanya ada 2 wajah baru, Riyanti dan Rasilan yang sebelumnya menjabat Sekdes Desa Karangagung.

Setelah acara pemilihan, 9 anggota BPD terpilih berfoto bersama Kepala Desa, Ketua Panitia dan Babinsa Bapak Sugiyanto, dilanjutkan acara ramah tamah,  menyantap hidangan menu prasmanan di RM Saung Bambu milik salah satu perangkat desa setempat.   (Setiyono MP)

-Dokumentasi Kegiatan-


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus